skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Telinga Bernanah

Penyakit telinga bernanah merupakan penyakit yang banyak diderita dinegara indonesia, penyakit yang satu ini biasanya di bawa hingga dewasa bila tidak di atasi sejak dini. Penyakit yang tersebut bisa timbul akibat infeksi yang terjadi pada bagian telinga maupun dalam.

Penyakit telinga bernanah sendiri merupakan salah satu jenis penyakit peradangan yang terjadi pada bagian telinga bagian dalam yang dapat berakibat rusaknya gendang telinga penderita. Salah satu dampak yang bisa di timbulkan dari penyakit yang satu ini ialah bau tidak sedap dari cairan yang keluar sehingga menurunkan rasa percaya diri penderita ketika bergaul di masyarakat.

Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari penyakit bernanah (curek) antara lain:

  1. Menimbulkan Rasa Sakit

Telinga yang bernanah biasanya diakibatkan karena adanya peradangan atau infeksi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan rasa sakit yang dapat menyerang telinga kita. Terkadang rasa sakit ini berupa nyeri dan juga disertai dengan sakit kepala.

Rasa nyeri ini terlebih akan terasa disaat kita mendengarkan suara yang terlalu bising atau suara dengan frekuensi tinggi. Rasa sakit akibat ini kan terasa menyiksa kita, sehingga terkadang kita tidak bisa tidur dibuatnya, dan menghambat kita melakukan berbagai aktivitas.

  1. Menimbulkan Bau yang Tidak Sedap

Efek negatif selanjutnya dari penyakit telinga bernanah adalah timbulnya bau yang tidak sedap pada telinga kita.bau yang tidak sedap ini berasal dari telinga yang meradang, baik telinga bagian dalam maupun telinga bagian luar.

Munculnya bau yang tidak sedap pada telinga ini akan menyebabkan kita menjadi terhalang dalam kehidupan sosial kita. Akibat dari bau yang tidak sedap dari telinga kita ini, bisa saja orang- orang di sekitar kita akan menjauhi kita. Sehingga hal ini otomatis akan membuat kita menjadi minder jika bergaul dengan orang- orang dan menjadikan diri kita menjadi tidak percaya diri.

  1. Telinga Menjadi Kotor

Telinga bernanah secara otomatis akan membuat telinga kita menjadi kotor. Hal ini karena nanah yang terus menerus keluar dari telinga kita. Nanah tersebut banyak mengandung kuman dan bakteri sehingga bersifat kotor. Karena adanya nanah yang keluar dari telinga kita ini, maka kita harus melakukan perawatan ekstra terhadap telinga kita agar tetap bersih dan tidak menambah buruk keadaan telinga kita.

  1. Tidak Dapat Sembuh Sendiri

Beberapa penyakit pada umumnya akan dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh kita bagus. Namun hal ini tidak berlaku bagi penyakit telinga bernanah atau curek ini. Penyakit telinga bernanah ini tidak dapat sembuh sendiri meskipun daya tahan tubuh kita bagus. Terlebih jika dibiarkan dalam jangka panjang.

Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang terkena penyakit telinga bernanah atau curek ini. Penyakit telinga bernanah ini bisa berubah menjadi penyakit menahun, dan apabila tidak segera ditangani maka penyakit ini bisa terbawa seseorang hingga usia dewasa. Jika tidak diobati fungsi telinga pun akan semakin menurun.

  1. Menyebabkan Tuli

Efek negatif atau bahaya dari penyakit telinga bernanah jangka panjang adalah dapat menyebabkan ketulian. Penyakit telinga bernanah ini apabila dibiarkan secara terus menerus dan tidak diobati, sementara peradangan yang terjadi pada telinga bagian dalam akan semakin parah, maka sewaktu- waktu akan menyebabkan gendang telinga menjadi rusak atau pecah.

Jika gendang telinga ini rusak atau bahkan pecah, maka kita akan mederita ketulian. Ketulian yang disebabkan karena pecahnya gendang telinga ini akan bersifat parah. Kita bisa saja akan kesulitan dalam bergaul di masyarakat karena ketulian ini.