skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Obat Sakit Telinga Bengkak

Obat Sakit Telinga Bengkak

Gendang telinga bengkak merupakan salah satu keadaan dimana kelenjar getah bening menyerang daerah telinga yang diakibatkan oleh virus yang menginfeksi telinga sehingga menimbulkan pembengkakan pada telinga yang menyebabkan para penderitanya menderita dan merasakan sakit yang sangat luar biasa apabila tersentuh. Penyakit Telinga Bengkak yang sangat mengerikan ini dapat terjadi kepada siapa saja sehingga memungkinkan kita untuk lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh terutama bagian telinga yang berfungsi untuk mendengar suatu suara yang berada disekitar ataupun suara yang dari kejauhan.

Telinga memiliki Tiga Bagian Utama yaitu Telinga Luar, Telinga Bagian Tengah, dan Telinga Bagian Dalam atau koklea. Telinga luar berfungsi untuk melindungi gendang telinga dari kerusakan langsung. Di dalam telinga terdapat tulang kecil yang berfungsi mengirimkan getaran dari gendang telinga ke koklea.

Sebagai satu-satunya organ pendengaran, tentu kesehatan telinga penting untuk dijaga. Tidak hanya menjaga agar pendengaran senantiasa berfungsi dengan baik tetapi juga terjaga dari beberapa gangguan seperti bengkak, rasa sakit, dan infeksi. Sering terjadi, orang melakukan kesalahan saat membersihkan telinga. Contoh hal yang salah dilakukan oleh banyak orang, mereka seringkali membersihkan telinganya menggunakan cotton bud. Jika tidak hati-hati, cara ini dapat menyebabkan telinga bengkak. Alih-alih membersihkan, cotton bud justru akan mendorong kotoran telinga semakin dalam dan hal itu amat membahayakan.

Telinga bengkak pun bisa disebabkan organ tubuh yang lain. Rasa nyeri hingga bengkak yang muncul pada bagian telinga Anda, tidak semata-mata karena telinga bermasalah. Salah satunya adalah karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Mendengarkan musik memakai earphone/headphone dengan volume suara yang lumayan keras dan dalam waktu lama dapat merusak sel-sel rambut dan pendengaran, serta dapat menyebabkan gendang telinga bengkak atau pecah.

Penyebab Sakit Telinga

Secara umum, sakit telinga disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

  1. Kotoran Telinga

Penyebab sakit telinga yang paling umum adalah adanya penumpukan kotoran di bagian dalam. Jika kotoran yang menumpuk sudah mengeras, maka jangan pernah mencoba membersihkannya dengan cotton bud. Sebab, bukan membuat kotoran tersebut keluar, Anda hanya akan membuatnya semakin masuk.

Oleh sebab itu, Anda harus segera memeriksakan diri dan dokter kemungkinan besar akan memberikan obat tetes telinga yang berguna untuk melunakkan dan mengeluarkan kotoran secara alami.

  1. Infeksi

Terjadinya infeksi pada telinga dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Infeksi telinga ini dapat diamati dengan bentuk menyerupai bisul yang akan terlihat pada liang telinga.

Sama halnya dengan penyakit bisul di bagian tubuh lainnya, bisul di telinga juga bisa pecah serta mengeluarkan cairan nanah. Secara umum, sakit telinga yang diakibatkan oleh infeksi dapat sembuh dengan sendirinya.

Tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari telinga bengkak:

– Hindari mengorek telinga

– Banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

– Istirahat yang cukup

– Untuk meredakan rasa nyeri, Anda bisa minum ibuprofen setelah makan.

Berikut obat sakit telinga bengkak:

  1. Bawang merah

Ambil satu atau dua siung bawang merah, kemudian parut atau giling sampai menghasilkan cairan. Masukkan dua tetes airnya ke dalam telinga sebanyak dua kali sehari. Bawang memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik besar yang bisa menenangkan telinga.

  1. ASI

Karena di dalam ASI terkandung adanya antibodi alami, maka Anda dapat memanfaatkan bahan super alami ini untuk menyembuhkan infeksi telinga. Pembengkakan serta rasa sakit di dalam telinga bakal teringankan hanya dalam 2 hari pemakaian

Caranya: Ambil beberapa tetes ASI dan gunakanlah pipet sebagai alat penetes ke bagian telinga yang terserang infeksi. Sesuai dengan kebutuhan Anda, ulangilah proses ini setiap beberapa jam sekali. Selain untuk telinga, infeksi mata dan luka bakar ringan juga dapat diobati dengan ASI.

Pengobatan yang biasa diberikan berupa obat anti inflamasi atau anti radang, serta jika diketahui penyakit tersebut akibat infeksi bakteri, kemungkinan akan diberi antibiotik.

  1. Anggrek

Ambillah daun anggrek 2 lembar dan kunyit sebesar ibu jari. Haluskan kedua bahan tersebut, setelah itu bungkus dengan kapas lalu teteskan ke dalam telinga anda yang sakit.

Sekian artikel ini, apabila anda tidak lekas sembuh segeralah periksakan ke dokter.