skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Telinga Sakit

Penyebab Telinga Sakit

Gangguan telinga merupakan hal yang paling di khawatirkan untuk semua orang, karena jika telinga mengalami gangguan seperti telinga berdenging, atau bahkan tuli maka telinga susah untuk medapatkan suatu informasi yang akan di salurkan ke otak, hingga menjadikan nya sebuah informasi. Gangguan telinga selain berdengung juga bisa merasakan sakit pada teling.

Sakit telinga juga bisa di rasakan pada orang dewasa atau anak anak. sehingga jika telinga merasakan sakit akan membuat penderita nya dan orang terdekat panik. Jika sakit telinga bisa merasakan nyeri, seperti ada suatu yang menususk nusuk, telinga terasa panas, dan juga bisa telinga akan merasakan sakit yang luar biasa. Rasa sakit yang di rasakan pada setiap orang akan berbeda beda. Dan juga rasa sakit bisa bertahan sebentar, ataupun lama dan akan muncul kembali.

Penyebab telinga sakit

  1. Infeksi tenggorokan

Karena telinga, hidung dan tenggorokan merupakan suatu organ yang sangat berkaitan, sehingga jika salah satu nya mengalami infeksi maka organ yang lain mengalami gangguan. Seperti hal nya jika mengalami infeksi tenggorokan atau radang tenggorokan juga bisa menjadi penyebab sakit telinga.

  1. Eksim kulit

Eksim kulit merupakan suatu penyakit yang dapat meradang pada kulit tubuh. dan eksim kulit juga bisa terjadi pada semua jenis kulit akibat kuman karena kotor. Sehingga jika kulit telinga mengalami eksim kulit maka bisa menjadi penyeab sakit telinga.

  1. Abses gusi

Abses gusi yang di rasakan pada gigi geraham yang terletak tidak jauh dari telinga bisa juga menjadi penyebab sakit telinga.

  1. Infeksi

Infeksi telinga bisa di sebabkan dari terbentur benda keras atau mengalami luka goresan akibat membersihkan telinga dengan benda tajam. Infeksi juga bisa menjadi penyebab sakit telinga.

  1. Bisul

Bisul bisa terjadi pada semua kulit di semua organ tubuh. dan bisul juga bisa terjadi pada teling sehingga menjadi penyebab sakit telinga. Biasa nya telinga akan kembali normal jika bisul sudah sembuh.

  1. Penyumbatan telinga

Telinga tersumbat akibat kotoran yang banyak karena jarang di bersihkan, juga dapat menjadi gangguan telinga seperti telinga berdengung atau penyebab sakit telinga.

  1. Glue ear

Glue ear merupakan suatu kondisi telinga terdapat penumpukan cairan pada gendang telinga. Dan yang mengalami penyebab telinga sakit glue ear biasa nya anak anak, hanya sedikit orang dewasa yang mengalami penyebab sakit telinga akibat glue ear.

  1. Stress

Stress pikiran dapat membuat menimbulkan berbagai penyakit. sehingga jika sedang mengalami stress, jangan di anggap sepele. Karena stress dapat membuat tekanan darah naik, sehingg telinga juga akan menjadi sakit. Sebaik nya jaga pikiran agar tidak stress sehingga tubuh tidak mengalami berbagai penyakit yang berakhir pada pengobatan yang harus mengeluarkan banyak biaya.

Untuk meringankan rasa sakit, anda bisa menggunakan cara menyembuhkan sakit telinga secara alami. Bahkan jika Anda berkonsultasi ke dokter, sampai ada obat yang tepat yang diresepkan, ada banyak solusi efektif lain yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit di telinga. Terlebih lagi, jika ada infeksi atau peradangan, ada bahan-bahan herbal sederhana yang dapat digunakan untuk mengontrol gejala tersebut.

  1. Kompres air hangat

Telah terbukti bahwa kompres dengan air hangat akan membantu untuk mengurangi rasa sakit di telinga.

  1. Minyak zaitun

Hal ini diketahui bahwa minyak zaitun hangat dapat secara efektif untuk mengobati sakit telinga.

  1. Gunakan bawang merah

Penggunaan bawang merah ini ialah dengan cara ditumbuk. Jika sakit telinga disebabkan karena pembengkakan.

  1. Goyangkan telinga

Jika teliga anda sakit karena ada suatu benda di dalamnya, anda bisa menggoyangkan telinga anda. Hal ini akan mengeluarkan benda yang menyebabkan sakit di telinga. Selain itu apa bila ada cairan yang menyumbat di telinga akan ikut keluar.