skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sakit Telinga

Sakit Telinga

Gangguan pada telinga memang cukup banyak, mulai telinga berdenging hingga yang sekarang akan kita bahas, yaitu telinga yang sakit, rasanya seperti ditusuk-tusuk. Tentunya, Anda akan merasa tidak nyaman jika telinga Anda dalam kondisi tidak sehat. Selain itu, gangguan telinga yang sakit seperti ditusuk-tusuk ini juga akan mengakibatkan gangguan kepala jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Penyebab sakit telinga ini ada beberapa, pada artikel kali ini kita akan membahasnya sehingga sebelum Anda berobat ke dokter, paling tidak Anda sudah mengetahui apakah penyebabnya, syukur-syukur jika Anda bisa menyembuhkannya sendiri, walaupun jika telinga sudah terlanjur infeksi, akan sangat sulit menyembuhkannya tanpa obat yang diberi oleh dokter spesialis THT.

Infeksi telinga bisa menyebabkan telinga sakit layaknya ditusuk-tusuk jarum, dan anak kecil sering mengalami itu, di mana daya tahan tubuh pada anak kecil masih lebih lemah dibandingkan orang dewasa, sehingga anak kecil lebih rentan terserang infeksi telinga.

Infeksi pada telinga ini akan mengakibatkan radang pada daerah tengah dari rongga telinga. Dan ketika kuman menyerang, cairan akan menekan bagian tersebut, termasuk gendang telinga, dan inilah yang menjadi asal muasal penyebab radang dan bengkak tersebut.

Terkadang tekanan yang terjadi begitu hebat sampai bisa mengakibatkan gendang telinga pecah dan mengeluarkan cairan, di mana cairan tersebut meleleh keluar dari organ pendengaran. Biasanya gendang telinga yang pecah walaupun merupakan masalah yang serius, tetap bisa sembuh menjadi seperti semula, tetapi solusi terbaik adalah memeriksakan ke dokter, jangan dibiarkan begitu saja.

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika infeksi telinga lebih sering terjadi pada anak kecil, sebenarnya selain antibodi yang lebih lemah dibanding orang dewasa, ada penyebab lainnya yaitu rongga telinga anak-anak itu lebih pendek. Dan karenanya, bakteri akan lebih gampang masuk kemudian berkembang biak pada daerah di tengah-tengah dari rongga telinga.

Di dalam masalah kesehatan telinga, ada juga yang disebut dengan glue ear, dan disinyalir merupakan penyebab sakit telinga pada seseorang juga. Glue ear ini adalah penumpukan cairan pada bagian dalam telinga seseorang, di mana cairan yang telah menumpuk ini mempunyai tekanan lalu akan menekan bagian dalam dari telinga yang bersifat sensitif.

Tentunya, sama seperti infeksi telinga yang sebelumnya dibahas, tekanan ini akan mengakibatkan rasa sakit ke telinga Anda, dan juga terkadang mengakibatkan gangguan pada pendengaran. Biasanya penyakit telinga yang diakibatkan oleh glue ear bisa sembuh sendiri tanpa harus berobat ke dokter spesialis.

Jika telinga sebelah kanan sakit, tentu saja ada penyebab tertentu yang menyebabkan kondisi tersebut. Anda sebaiknya mengerti apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit ini. Kotoran telinga menumpuk terlalu banyak juga merupakan salah satu penyebab, namun masih ada beberapa penyebab yang lain juga, tak hanya itu saja.

Penyebab kedua karena benda asing ataupun serangga yang masuk ke dalam rongga telinga, ini juga bisa saja terjadi. Apabila kondisi ini terjadi pada Anda, maka Anda harus sesegera mungkin mengeluarkan benda asing ataupun serangga yang masuk ke rongga telinga tersebut.

Jangan sampai serangga yang masuk terlalu lama dan kemudian membuat sarang, karena serangga senang dengan tempat yang gelap, dan memang rongga telinga seseorang memenuhi kriteria tempat tinggal serangga tersebut.

Belum lagi kondisi rongga telinga bagian dalam yang cukup hangat, membuat serangga betah tinggal di dalamnya. Namun Anda akan merasa kesakitan dan tak nyaman. Selain itu, kehadiran serangga dan benda asing lainnya pada rongga telinga kanan akan menyebabkan terjadinya infeksi yang cukup parah.